Jaminan Sosial dari JamSostek

Posted in Article | 0 comments

Jaminan Sosial dari JamSostek

Bagi anda pekerja atau karyawan swasta nasional tentu tidak asing lagi dengan istilah Jamsostek. Jamsostek adalah kependekan dari Jaminan Sosial tenaga Kerja, Ini merupakan program jaminan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat nya namun tidak untuk semua masyarakat indonesia karena jamsostek saat ini masih dikhusukan untuk pekerja sektor formal.

Jamsostek merupakan kepanjangan tangan pemerintah yang diimplementasikan lewat Undang Undang  serta Peraturan mentri perburuhan sehingga kedudukan nya di Indonesia memang sudah dijamin undang-undang dan tidak diragukan lagi, inilah salah satu regulasi pemerintah yaang berwujud nyata meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, memang belum menyentuh semua lapisan masyrakat karena yang merasakan masih masyarakat kelas karyawan-karyawan perusahaan swasta nasional di Indonesia namun besar kemungkinan untuk kedepan nya pasar penerima Jamsostek semakin meluas mengingat kebutuhan jaminan sosial yang diperlukan oleh semua penduduk Indonesia.

Jamsostek sendiri menawarkan empat program untuk pekerja dan perusahaan di Indonesia, berikut ke empat program tersebut:

  1. Jaminan Kematian (JKM).

Hampir seperti asuransi kematian yang ditawarkan oleh perusahaan perusahaan asuransi, Jaminan Kematian ini merupakan Jaminan Kematian yang diberikan untuk pekerja dengan ketentuan tertentu yang telah disepakati bersama antara pihak perusahaan dan pihak Jamsostek sebagai penyelenggara Asuransi. Namun tidak semua perusahaan menggunakan jamsostek untuk melindungi karyawan nya karena ada sebagian perusahaan yang memilih asuransi lain yang dianggap lebih bagus untuk melindungi karyawan nya. Hal seperti ini tidak mengapa karena tujuan pemerintah adalah melindungi warga negara nya bukan semata mata melindungi eksistensi jamsostek.

  1. Jaminan Pemeliharaan Kesehatan.

Jaminan Pemeliharaan Kesehatan biasa disebut JPK, merupakan asuransi kesehatan produk dari jamsostek, seperti halnya asuransi kesehatan produk perusahaan lain dengan asuransi kesehatan ini maka kesehatan pekerja sebagai pemegang kartu jamsostek dan anggota keluarga nya yang terdaftar dijamin oleh Jamsostek sesuai dengan ketentuan yangberlaku, namun tidak semua perusahaan memanfaatkan produk asuransi kesehatan ala jamsostek ini entah karena apa. Banyak perusahaan yang menggunakan jasa ASKES sebagai asuransi kesehatan untuk pekerja nya. Asuransi kesehatan yang di berikan kepada pekerja pun juga berbeda beda sesuai dengan graduasi posisi dan jabatan di tempat kerja, Perbedaan ini terlihat jelas dalam plapon biaya rawat inap, biaya berobat dan rawat jalan.

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja.

Jaminan Kecelakan ini merupakan proteksi yang diberikan kepada karyawan yang telah memenuhi syarat tertentu, Kecelakaan dalam dunia kerja memang bisa dicegah denganmeminimalkan hal-hal yang bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan namun jika sudah terjadi kecelakaan tidak dapat lagi dihindari. Oleh sebab itulah kehadiran JKK sangat penting untuk seorang pekerja, Tidak hanya pekerja di lapangan, kalangan staff yang  banyak menghabiskan waktu di kantor pun  juga memungkinkan untuk  mengalami kecelakan oleh sebab itulah Jamsostek menawarkan program ini.

  1. Jaminan Hari Tua.

Jaminan hari tua sering di sebut juga dana pensiun, Jaminan ini berasal dari gaji oegawai sendiri yang dipotong sekian persen (tergantung kesepakatan) dan sebagian lagi berasal dari uang perusahaan yang memang sudah dipersiapkan. Seperti namanya uang Jaminan Hari tua ini hanya boleh diambil oleh karyawan yang telah mengikuti program JHT minimal lima tahun dan sudah tidak lagi aktif bekerja di perusahaan tersebut dibuktikan dengan adanya surat penyataan dari perusahaan bahwa karyawan tersebut sudah tidak aktif lagi.

Selain Program di atas Jamsostek juga membuka bebrapa program lain yang memudahkan pegawai swasta nasional dalamm memenuhi atau menjamin kehidupan nya di masa depan. Untuk mengetahui lebih lanjut disarnkan bagi anda untuk menghubungi kantor jamsostek terdeket dari rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>